writer : pakdemarwan

Orang sukses mempunyai 1 ciri yang sama, yaitu visi yang jelas.Karena mereka selalu membuat target hidup yang efektif.

Jika anda ingin menjadi orang yang sukses, tiru kebiasaan mereka dalam membuat target hidup yang efektif.

Berikut langkah-langkah membuat target hidup yang efektif yang bisa jadi panduan:

1. Membuat target hidup yang seimbang

Hal paling penting dalam menentukan target hidup adalah keseimbangan dari target itu sendiri, saya membaginya menjadi 7 target yaitu : 

  1. Spiritual
  2. Kesehatan
  3. Silaturahmi / Familiy
  4. Karir /Bisnis
  5. Keuangan
  6. Pengembangan diri
  7. Hiburan/wisata

Hal ini adalah optional, lebih kepada target hidup dalam kehidupan seseorang.Untuk target hidup yang spesifik, anda bisa mengabaikan ini dan lanjut pada poin berikutnya.

2. Target yang Baik Bersifat Spesifik (Specific)

Target yang spesifik dapat menjelaskan apa sebenarnya yang ingin kita capai. Saat kita memiliki target dalam hidup kita, “Saya ingin sukses”, target seperti ini sebenarnya belumlah spesifik. 

Kita dapat menambahkannya dengan, “Saya ingin sukses mengelola perusahaan kuliner ayam penyet .” Target seperti ini bersifat lebih spesifik sehingga dalam mengejarnya pun kita dapat menjadi lebih bersemangat dan terarah.

3. Target yang Baik itu Terukur (Measureable)

Target yang terukur mencoba untuk membuat suatu target yang kualitatif menjadi kuantitatif. 

Apabila kita memiliki target seperti,“Saya ingin sukses mengelola perusahaan kuliner ayam penyet .”. Target ini sudah spesifik karena menjelaskan detil kesuksesan jenis usahanya. 

Namun, target ini tidak terukur karena masih berbentuk kata sifat (sukses). Untuk membuat lebih terukur, target dapat diubah menjadi “Saya ingin sukses mengelola perusahaan kuliner ayam penyet dengan profit 1,2 Milyar pertahun.” 

Target yang terukur membuat kita mudah untuk mengetahui perkembangan progress capaian kita.

4. Target yang Baik itu bisa dicapai (attainable)

Target yang dapat tercapai maksudnya adalah membuat sebuah target yang menjadikan kita semangat dan antusias karena yakin dapat mencapainya secara realistis. 

Bayangkan misalkan dalam 6 bulan terakhir profit bisnis  Anda mendapatkan hanya mencapai 40 juta/bulan. Karena Anda sedang bersemangat, di bulan berikutnya Anda memiliki target untuk mendapatkan nilai 100 juta . 

Lompatan yang jauh seperti ini seringkali menimbulkan risiko tinggi dalam mencapainya. Apabila target tidak tercapai akan mengakibatkan kita akan menyimpulkan bahwa membuat target hidup adalah sesuatu yang sia – sia. 

Maka buatlah target yang membuat Anda yakin bisa mencapainya, walaupun peningkatnya sedikit demi sedikit. Bila sebelumnya Anda mendapat 40, maka targetkan selanjutnya untuk mendapat 55. 

Jika sudah mendapat 55, targetkan profit selanjutnya mendapat 70. Jika sudah mendapatkan 70, teruskan target hingga menjadi 100.

5. Target yang Baik itu Memiliki Batas Waktu (Time Bound)

Sebagai pebisnis, hidup saya dipenuhi target bahwa dalam 1 bulan setidaknya saya menghasilkan profit usaha 100 juta.

Jika saya hanya menulis ingin mencapai 100 juta dalam bulan Agustus 2014, maka kapanpun tanggalnya tidak masalah. Namun seringkali, saya akan mengejar target saya pada bulan Agustus akhir saat sudah mendekati deadline.

Tidak jarang saya merasa tertekan hebat karena ini akan saya pertanggung jawabkan terhadap perusahaan. Oleh karena itu, saya memberikan batas waktu pada target saya menjadi, “mencapai profit 100 juta pada tanggal 24 Agustus.” 

 Dengan memiliki batas waktu yang lebih jelas, saya dapat mencicil target profit saya dengan lebih baik dan bisa selesai dengan lebih tepat waktu.

Demikian cara membuat target hidup yang efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *